5 Cara mengatasi orang yang keras kepala

5 CARA MENGATASI ORANG YANG KERAS KEPALA

keras kepala

mengatasi seseorang keras kepala

Cara mengatasi orang yang keras kepala  yang paling ampuh adalah dengan bersikap sabar dan bijak, janganlah mengambil sikap yang langsung memvonis seakan-akan dia telah melakukan kesalahan yang pasti. Memang kondisi seperti itu membuat kita jengkel dan menyebalkan.

Sesorang yang keras kepala dan egois haruslah dihadapi dengan sabar dan tenang, karena seseorang yang egois atau keras kepala bukan berarti dia telah melakukan kesalahan. Hal yang membuat dia menyebalkan adalah karena jalan pikiran anda dan dia sangat berbeda.

Sebagai seorang yang ingin tau cara mengatasi orang yang keras kepala, janganlah memandang sesuatu dari sisi anda sendiri, karena orang lain juga mempunyai jalan pikiran yang berbeda.

Tidak ada orang yang identik sama, baik jalan pikiran maupun kemauan atau keinginan. setiap orang mempunyai jalan pikiran masing-masing dan berbeda.

Dibawah ini adalah cara mengatasi orang yang keras kepala :

1. Orang yang keras kepala janganlah dilawan dengan sikap yang keras.

Cara mengatasi orang yang keras kepala janganlah dihadapi dengan sikap yang keras juga, karena jika kekerasan dilawan dengan kekerasan tidak akan membawa solusi yang baik bahkan semakin kita keras terhadap mereka justru akan membuat mereka semakin cuek dan tidak peduli. Cara yang tepat dalam mengatasi orang yang keras kepala adalah dengan bersikap lemah lembut dan diiringi senyuman dan intonasi kata-kata yang lembut jangan membentak dan menggunakan suara yang keras.

2. Jangan suka mengatur.

Cara mengatasi orang yang keras kepala kedua adalah jangan suka mengatur dan bersikap possesive seakan-akan kita adalah raja. Cobalah untuk memahami dan bersikap bijak, karena orang yang keras kepala tidak suka diatur. Mereka kerap melakukan apa yang mereka inginkan dan baik buat mereka tentulah mereka merasa terusik jika kita suka mengatur orang yang keras kepala.

3. Jangan merubah mereka

Cara mengatasi orang yang keras kepala ketiga adalah jangan merubah mereka menjadi apa yang kita inginkan, namun biarkanlah mereka apa adanya sambil memberikan pengertian dan memahami sifat atau watak mereka agar mereka bisa menyadari dan memahami tidak semua orang suka dengan orang yang keras kepala dan tidak semua orang mempunyai watak yang sama yaitu keras kepala. Dengan cara seperti itu dengan sendirinya hati mereka akan lunak dan enak diajak bicara.

4. buat mereka tersenyum dan mengambil hatinya

Cara mengatasi orang yang keras kepala keempat ialah buatlah mereka tersenyum dan nyaman disaat bersama anda. Biarkan mereka berbagi cerita dan pengalaman yang mereka alami sambil berusaha mengambil hatinya. Yakinkan bahwa anda adalah pendengar yang baik untuk mereka dengan demikian akan mudah kita memberikan masukan yang bermanfaat buat mereka dan menerima kelebihan dan kekurangan mereka termasuk saran bahwa bersikap keras kepala tidak baik buat dirinya dan semua orang. Orang yang keras kepala biasanya mempunyai sisi yang lembut dan agak rapuh didalam hatinya dan butuh akan perhatian dan kasih sayang yang lebih dalam menghadapinya

 

5. Bersabar dan ikhlas dalam menghadapinya

Cara mengatasi orang yang keras kepala yang terakhir ialah dengan bersabar. Dengan bersabar orang sekeras apapun bisa kita hadapi dan atasi dengan baik tanpa membuat mereka tersinggung ataupun marah karena sabar tidak ada batasnya, semakin bersabar kita mengatasi orang yang keras kepala, semakin kita memberikan pengajaran yang sangat baik terhadap mereka namun demikian semua itu tentu membutuhkan waktu dan pada akhirnya waktulah yang berbicara.

Dari semua uraian diatas tentulah masih banyak cara yang efektif untuk mengatasi atau menghadapi orang yang keras kepala, penulis hanya memberikan masukan berdasarkan pengalaman dan penulis menyadari bahwa artikel ini masih jauh dari kesempurnaan, karena kesempurnaan hanyalah milik ALLAH SWT.

Saran dan kritik tetap penulis harapkan untuk menjadi lebih baik.