MANFAAT PUASA SUNNAH

9 MANFAAT PUASA SUNNAH

 

puasa sunnah

Puasa Sunnah

Manfaat puasa sunnah

Berpuasa adalah dimana kita harus menahan diri dari segala bentuk nafsu, amarah, emosional, makan dan minum dan menjauhi segala bentuk larangan juga hal-hal yang berhubungan dengan dosa baik itu dosa besar maupun dosa kecil hanya semata-mata untuk ALLAH SWT

Segala puji syukur yang tak henti-hentinya sampai nafas terakhir hanya kepada ALLAH SWT, TUHAN semesta alam.

Manfaat puasa sunnah. Puasa Sunnah adalah hadiah istimewa yang diberikan ALLAH SWT untuk bani adam sampai hari perhitungan karena puasa amatlah sangat besar manfaat dan faedahnya, juga pahala yang diberikan amat sangat banyak dan menuntun bani adam ke jalan yang lurus yaitu jalan orang-orang yang diberi nikmat.

Manfaat puasa sunnah ditinjau dari sisi kesehatan. Para pakar kedokteran dibidang kesehatan pada jaman teknologi canggih seperti sekarang ini, setelah mengadakan penilitian ternyata mereka menyimpulkan bahwa manfaat puasa sunnah sangatlah banyak buat kesehatan.

 

Love Sunnah

Love Sunnah

Itulah salah satu nikmat dan rahmat yang diberikan ALLAH SWT kepada anak cucu adam untuk membersihkan diri sebelum bertemu dengan ALLAH ‘AZZA WAJALLA.

Dibawah ini adalah 9 manfaat puasa sunnah yang dapat penulis sajikan untuk pembaca.

  1. Puasa Nabi Daud AS ialah sehari puasa dan sehari tidak puasa. Manfaat puasa sunnah ini adalah puasa yang paling disukai oleh Alloh (HR. Bukhari dan Muslim).
  2. Puasa Bulan Muharram ialah Puasa pada bulan Muharram. Manfaat puasa sunnah ini adalah puasa paling utama setelah puasa bulan Ramadhan (HR. Bukhari)
  3. Puasa Hari Assyura adalah puasa hari ke-10 pada bulan Muharram. Manfaat puasa sunnah ini akan dihapus dosa-dosa (kecil) di tahun sebelumnya (HR. Muslim). Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk berpuasa pada hari Assyura dan puasa 1 hari sebelum atau sesudahnya.
  4. Puasa Senin dan Kamis adalah puasa pada hari senin dan kamis, namun tidak ada kewajiban yang mengiringi puasa di hari senin dan kamis atau sebaliknya. Manfaat puasa sunnah ini adalah amal-amal hamba diangkat dan diperlihatkan kepada ALLAH SWT.
  5. Puasa Sya’ban adalah puasa pada bulan ke-8 dalam kalender islam. Memperbanyak puasa pada bulan Sya’ban adalah disunnahkan. Manfaat puasa sunnah bulan Sya’ban adalah dimana semua amal diangkat kepada Tuhan semesta alam (HR. An-Nasa’i & Abu Daud, hasan)
  6. Puasa enam hari di bulan Syawal adalah puasa selama 6 hari di bulan Syawal baik secara berturutan ataupun tidak. Manfaat puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal setelah puasa wajib di bulan Ramadhan adalah seperti orang yang berpuasa selama setahun (HR. Muslim).
  7. Puasa 9 hari di bulan Dzulhijjah adalah puasa di sembilan hari pertama pada bulan Dzulhijjah, tidak termasuk hari yang ke-10 di bulan ini. Karena hari ke-10 pada bulan Dzulhijjah adalah hari raya Idul Adha dan diharamkan untuk berpuasa. Manfaat puasa sunnah pada bulan ini sangat banyak.
  8. Puasa hari Arafah adalah puasa pada hari ke-9 di bulan Dzuhijjah. Manfaat puasa sunnah ini adalah akan dihapuskan dosa-dosanya pada tahun lalu dan dosa-dosa pada tahun yang akan datang (HR. Muslim). Yang dimaksud dengan dosa-dosanya di sini khusus untuk dosa-dosa kecil saja, karena dosa besar cuma bisa dihapus dengan cara bertobat.
  9. Puasa pada bulan Haram atau bulan yang dihormati adalah puasa pada bulan Dzulkaidah, bulan Dzulhijjah, bulan Muharram, dan bulan Rajab. Manfaat puasa sunnah ini disunnahkan untuk memperbanyak amal ibadah kita pada bulan-bulan tersebut termasuk juga puasa sunnah.

 

Puasa Sunnah Muharram

Puasa Sunnah Muharram

Demikianlah manfaat puasa sunnah yang penulis sebutkan diatas. Semoga membawa manfaat dan kebaikan untuk kita semua agar lebih mendekatkan diri kepada ALLAH ‘AZZA WAJALLA dan dijauhkan dari semua larangan dan dosa. Tak lupa juga kita senantiasa memohon ampun kepada ALLAH SWT karena manusia adalah tempatnya salah.

Dilarang copy paste tanpa menyertakan live link selain itu Silahkan di Like dan Share sesuka hati

Comments